Sabtu, 11 Juli 2015

Penyusunan Tes Kosa Kata

BAB I
PENDAHULUAN
PENYUSUNAN TES KOSA KATA
   A.    Latar Belakang
Kosakata  merupakan salah satu unsur bahasa yang harus dimiliki oleh pembelajar bahasa asing termasuk bahasa Arab. Perbendaharaan kosakata bahasa Arab yang memadai dapat menunjang seseorang dalam berkomunikasi dan menulis dengan bahasa tersebut. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa berbicara dan menulis yang merupakan kemahiran berbahasa tidak dapat tidak, harus didukung oleh pengetahuan dan penguasaan kosakata yang kaya.
Untuk itu diperlukan metode yangtepat dalam rangka pembelajaran kosa kata bahasa arab agar kebutuhan akan perbendaharaan kosa kata dalam pembelajaran bahasa arab dapat tercapai. Dalam makalah ini penulis memaparkan tentang tes penyusunan kosa kata bahasa arab.


   B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian tes kosa kata?
2.      Apa saja mcam-macam tes kosa kata?
3.      Bagaimana tahap penyusunan tes bahasa arab?
4.      Bagaimana contoh tes kosa kata bahasa arab?

   C.     Tujuan Masalah
1.      Untuk mengetahui pengertian tes kosa kata
2.      Untuk mengetahui macam-macam tes kosa kata
3.      Utuk mengetahui tahap penyusunan tes bahasa arab
4.      Untuk mengetahui contoh tes kosa kata



BAB II
PENYUSUNAN TES KOSA KATA
   A.    Pengertian Tes Kosa Kata
Tes adalah sebuah alat pengukur yang digunakan untuk mengukur kemampuan yang dimiliki seseorang. Sedangkan kosa kata adalah komponen bahasa yang memuat daftar kata-kata beserta batasannya yang penggunaannya sesuai dengan makna dan fungsinya. Jadi tes kosa kata merupakan alat ukur tentang hasil belajar bahasa yang dicapai oleh seseorang.

   B.     Pengelompokan Tes Kosa Kata
Tes kosa kata dapat dikelompokkan menjadi 2:
1.      Tes pemahaman
Tes pemahaman lebih ditekankan pada pengukuran kemampuan seseorang dalam memahami arti kosa kata.
2.      Tes penggunaan
Tes penggunaan lebih dititikberatkan pada kemampuan menggunakan kos akata dalam kalimat.

   C.     Macam-macam Tes Kosa Kata Kemampuan dalam Penguasaan Bahasa
1.      Menunjukkan benda
Berikanlah makna kata-kata berikut dengan menunjukkan bendanya:
a.       نافذة
b.      سبورة
c.       ساعة
d.      لباس
e.       شقف
2.      Memperagakan
Tunjukkan dengan peragaan makna kata-kata berikut:
a.       تبسم
b.      حزن
c.       نعس
d.      جرى
e.       قرأ
3.      Memberi padanan
Berilah padanan pada kata-kata berikut
Contoh: anak kecil= طفل
a.       Kelas
b.      Mandi
c.       Menyapu
d.      Bertanya
e.       Melihat
4.      Memberi kata lain
Contoh: تب= هلك
a.       عاد
b.      ارشد
c.       جيد
d.      حث
e.       حسب
5.      Memberi lawan kata
Contoh: تحت X علي
a.       أول
b.      مدينة
c.       الراعي
d.      جاء
e.       قليل
6.      Menyebutkan kata
Sebutkanlah kata yang maknanya diberikan berikut ini:
Contoh: الاليوم الأول في الأسبوع = الاثنين
a.       توقف الطائرة
b.      مكان لفحص المريض
c.       الأخت من الأب
d.      مكان العبادة للمسلم
e.        
7.      Melengkapi kalimat
Isikanlah satu kata yang sesuai untuk melengkapi masing-masing kalimat berikut:
Contoh: التلاميذ ....... الفصل (يدخلون)
a.       .......... يصلّون العشاء بجماعة
b.      الخادمة تطبخ ............ في المطبخ
c.       أبي ................. ساعة اليد في الدكان
d.      ................ تقرأ الجريدة في الخجرة
e.       المدرّس ............ الدّرس

   D.    Tahap Penyusunan Soal (Tes) Bahasa Arab
Kriteria tes yang baik adalah apabila tes yang disusun memiliki karakteristik tes yang baik, yaitu valid, realible, dan praktis. Untuk menghasilkan tes yang valid dan reliable, maka pembuat tes guru dapat menempuh langkah-langkah sebagai berikut.
Pertama adalah tahap persiapan. Pada tahap ini guru atau pembuat tes melakukan kajian terhadap kurikulum Bahasa Arab dan buku pedoman pelaksanaan kurikulum untuk mata pelajaran Bahasa Arab.
Tahap kedua adalah pemilihan materi tes. Untuk menetapkan tes Bahasa Arab yang benar-benar fixed dan selektif dapat dilakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.       Menentukan komponen dan keterampilan berbahasa yang akan diteskan.
b.      Menentukan pokok bahasa yang akan diteskan secara representative.

Tahap ketiga adalah menentukan bentuk dan jenis tes. Tes yang disusun dapat berbentuk objektif dengan jenis pilihan ganda atau salah benar atau salah benar atau dapat pula berbentuk subjektif (esai).

Tahap keempat menentukan jumlah butir tes. Perihal yang harus dipertimbangkan dalam menentukan jumlah butir tes adalah alokasi waktu yang tesedia untuk penyelenggaraan tes.
Tahap kelima adalah menentukan skor.
Tahap keenam adalah membuat kisi-kisi. Kisi-kisi merupakan panduan bagi guru dalam menyusun atau mengembangkan suatu tes.
Taha ketujuh adalah menyusun butir tes  berdasarkan kisi-kisi. Dalam penyusunan butir soal ini perlu diperhatikan beberapa hal, yaitu: a) bahasa yang dibunakan jelas dan lugas, b) stem  pada suatu tes hanya berisi satu permasalahan, c) letak jawaban yang benar.
Tahap kedelapan adalah uji coba tes yang telah disusun. 



E.Contoh Tes Kosa Kata
1.              Tes pilihan ganda
١. معنى هذه الكلمة بعيدة عن غيره
أ. تنس الطاولة      ج. كرة السلة        ه. كراوية الأرض
ب.كرة القدم       د. كرة الطائرة
٢. ..... هواية محمد قراءة
أ. على     ج. الى    ه. من
ب. ب    د. ل
٣. من هواية يوسف المراسلة، هو يكتب ..... الى صديقه
أ. الرسالة          ج. القراءة     ه. المكتب
ب. كرة القدم    د. الرسم
٤. ذهب عمر الى المكتبة، معنى الذي تحته الخط؟
Sekolahan . ه     Perpustakaan ج.          bukuأ.
   Meja    د.Tulisan ب.
٥. + اين تسكن؟
    -..... في شارع أحمد يانى، رقم ١٢
أ. ارسم       ج. اركب     ه. اسكن
ب. تسكن   د. ترسم
٦. اكل زيد الخبز، معنى الذي تحته الخط؟
    Pisang     ه. Roti          ج. Nasi أ.
   Apel د.    Bubur ب.
٧. تسكن فاطمة مع أسرتها، ما المرادف من الأسرة؟
أ. أخت        ج. بيت       ه. عائلة
ب. مدرسة    د. اب
٨. لأحمد عائلة صغيرة، ما ضد من صغيرة؟
أ. كثيرة      ج. واسعة       ه. طويل
ب. قصير    د. كبيرة
٩. تتكون أسرة أحمد من خمسة أشخاص، ما المرادف من أشخاص؟
أ. عائلة          ج. أفراد       ه. أخت
ب. ام          د. أسرة
١٠. أحمد يساعد والده في العمل، ما المرادف من والد؟
أ. أب       ج. ام      د. اب و ام
ب. أخ     د. جد

2.              Tes sinonim
اذكر مرادف من هذه الكلمة!
١. مشهور         ٦. جائزة   
٢. بدأ            ٧. خصم 
٣. تلقي           ٨. أسرة
٤. اب            ٩. ام
٥. معلم          ١٠. صادق
3.              Tes menjodohkan
صل الكلمات بما يناسب في الصندوق بين اليمني واليسري
MA Al-Muayyad Solo
عنوان
٠٢٧١-۶۸١١٣٣٢
الجنس
MAN Malang
مكان الميلاد
٠۸١٢٢۵١۸۷۳۵۶
تاريخ الميلاد
Yayasan Al-Furqon
التقويم
يناير- ديسمبير
مؤسسة
١٠ يوليو  ١۹۹۹
المدرسة الأهلية
جاكرتا
المدرسة الحكومية
ذكر\انثى
جوال
شارع أحمد يانى، رقم ١٢
هاتف

4.              Tes close
اكمل الجملة الآتية بكلمات مناسبة!
١.  ..... اسماعيل في شارع أحمد يانى، رقم ١٢
٢. لي ..... اسمه احمد
٣. صلى فريد في ..... جماعة
٤. لي صديق، اسمه اقبال، ..... من سومطرة
۵.  ..... فريدة في المدرسة المتوسطة الإسلامية
٦. في يوم العطله ..... احمد الي المزرعة
٧. ..... علي المكتب
٨. اسرتي ..... من خمسة افراد
٩. البرطقال والعناب في .....
١٠. ذهب علي مع .....     



BAB III
KESIMPULAN
Tes kosa kata merupakan alat ukur tentang hasil belajar bahasa yang dicapai oleh seseorang. Tes kosa kata dapat di kelompokkan menjadi 2 macam. Dalam penggunaan bahasa tes kosa kata dbagi menjadi 7 macam. Kriteria tes yang baik adalah apabila tes yang disusun memiliki karakteristik tes yang baik, yaitu valid, realible, dan praktis. Untuk menghasilkan tes yang valid dan reliable, maka pembuat tes guru perlu menempuh beberapa langkah-langkah. Dalam makalah ini juga dicantumakan beberapa contoh tentang tes penyusunan kosa kata.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar anda di sini