PENDAHULUAN
PENYUSUNAN TES KOSA KATA
A.
Latar
Belakang
Kosakata merupakan salah satu unsur bahasa yang harus
dimiliki oleh pembelajar bahasa asing termasuk bahasa Arab. Perbendaharaan
kosakata bahasa Arab yang memadai dapat menunjang seseorang dalam berkomunikasi dan menulis dengan bahasa
tersebut. Dengan demikian, dapat dikatakan
bahwa berbicara dan menulis yang merupakan kemahiran berbahasa tidak dapat
tidak, harus didukung oleh pengetahuan dan penguasaan kosakata yang kaya.
Untuk itu diperlukan metode yangtepat dalam rangka pembelajaran
kosa kata bahasa arab agar kebutuhan akan perbendaharaan kosa kata dalam pembelajaran bahasa arab dapat
tercapai. Dalam makalah ini penulis memaparkan tentang tes penyusunan kosa kata
bahasa arab.
B.
Rumusan
Masalah
1.
Apa
pengertian tes kosa kata?
2.
Apa
saja mcam-macam tes kosa kata?
3.
Bagaimana
tahap penyusunan tes bahasa arab?
4.
Bagaimana
contoh tes kosa kata bahasa arab?
C.
Tujuan
Masalah
1.
Untuk
mengetahui pengertian tes kosa kata
2.
Untuk
mengetahui macam-macam tes kosa kata
3.
Utuk
mengetahui tahap penyusunan tes bahasa arab
4.
Untuk
mengetahui contoh tes kosa kata
BAB II
PENYUSUNAN TES KOSA KATA
A.
Pengertian
Tes Kosa Kata
Tes adalah
sebuah alat pengukur yang digunakan untuk mengukur kemampuan yang dimiliki
seseorang. Sedangkan kosa kata adalah komponen bahasa yang memuat daftar kata-kata beserta
batasannya yang penggunaannya sesuai dengan makna dan fungsinya. Jadi
tes kosa kata merupakan alat ukur tentang hasil belajar bahasa yang dicapai
oleh seseorang.
B.
Pengelompokan
Tes Kosa Kata
Tes kosa kata dapat dikelompokkan menjadi 2:
1.
Tes
pemahaman
Tes
pemahaman lebih ditekankan pada pengukuran kemampuan seseorang dalam memahami
arti kosa kata.
2.
Tes
penggunaan
Tes
penggunaan lebih dititikberatkan pada kemampuan menggunakan kos akata dalam
kalimat.
C.
Macam-macam
Tes Kosa Kata Kemampuan dalam Penguasaan Bahasa
1.
Menunjukkan
benda
Berikanlah
makna kata-kata berikut dengan menunjukkan bendanya:
a.
نافذة
b.
سبورة
c.
ساعة
d.
لباس
e.
شقف
2.
Memperagakan
Tunjukkan
dengan peragaan makna kata-kata berikut:
a.
تبسم
b.
حزن
c.
نعس
d.
جرى
e.
قرأ
3.
Memberi
padanan
Berilah
padanan pada kata-kata berikut
Contoh:
anak kecil= طفل
a.
Kelas
b.
Mandi
c.
Menyapu
d.
Bertanya
e.
Melihat
4.
Memberi
kata lain
Contoh:
تب= هلك
a.
عاد
b.
ارشد
c.
جيد
d.
حث
e.
حسب
5.
Memberi
lawan kata
Contoh:
تحت X علي
a.
أول
b.
مدينة
c.
الراعي
d.
جاء
e.
قليل
6.
Menyebutkan
kata
Sebutkanlah
kata yang maknanya diberikan berikut ini:
Contoh:
الاليوم الأول في الأسبوع = الاثنين
a.
توقف الطائرة
b.
مكان لفحص المريض
c.
الأخت من الأب
d.
مكان العبادة للمسلم
e.
7.
Melengkapi
kalimat
Isikanlah
satu kata yang sesuai untuk melengkapi masing-masing kalimat berikut:
Contoh:
التلاميذ ....... الفصل (يدخلون)
a.
.......... يصلّون العشاء بجماعة
b.
الخادمة تطبخ ............ في المطبخ
c.
أبي ................. ساعة اليد في الدكان
d.
................ تقرأ الجريدة في الخجرة
e.
المدرّس ............ الدّرس
D.
Tahap
Penyusunan Soal (Tes) Bahasa Arab
Kriteria
tes yang baik adalah apabila tes yang disusun memiliki karakteristik tes yang
baik, yaitu valid, realible, dan praktis. Untuk menghasilkan tes yang valid dan
reliable, maka pembuat tes guru dapat menempuh langkah-langkah sebagai berikut.
Pertama adalah tahap
persiapan. Pada tahap ini guru atau pembuat tes melakukan kajian terhadap
kurikulum Bahasa Arab dan buku pedoman pelaksanaan kurikulum untuk mata
pelajaran Bahasa Arab.
Tahap kedua adalah
pemilihan materi tes. Untuk menetapkan tes Bahasa Arab yang benar-benar fixed
dan selektif dapat dilakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.
Menentukan
komponen dan keterampilan berbahasa yang akan diteskan.
b.
Menentukan
pokok bahasa yang akan diteskan secara representative.
Tahap ketiga adalah
menentukan bentuk dan jenis tes. Tes yang disusun dapat berbentuk objektif
dengan jenis pilihan ganda atau salah benar atau salah benar atau dapat pula
berbentuk subjektif (esai).
Tahap keempat menentukan
jumlah butir tes. Perihal yang harus dipertimbangkan dalam menentukan jumlah
butir tes adalah alokasi waktu yang tesedia untuk penyelenggaraan tes.
Tahap kelima adalah
menentukan skor.
Tahap keenam adalah membuat
kisi-kisi. Kisi-kisi merupakan panduan bagi guru dalam menyusun atau
mengembangkan suatu tes.
Taha ketujuh adalah menyusun
butir tes berdasarkan kisi-kisi. Dalam
penyusunan butir soal ini perlu diperhatikan beberapa hal, yaitu: a) bahasa
yang dibunakan jelas dan lugas, b) stem
pada suatu tes hanya berisi satu permasalahan, c) letak jawaban yang
benar.
Tahap kedelapan adalah
uji coba tes yang telah disusun.
E.Contoh
Tes Kosa Kata
1.
Tes pilihan
ganda
١. معنى هذه الكلمة بعيدة عن غيره
أ.
تنس الطاولة ج. كرة السلة ه. كراوية الأرض
ب.كرة
القدم د. كرة الطائرة
٢.
..... هواية محمد قراءة
أ.
على ج. الى ه. من
ب.
ب د. ل
٣.
من هواية يوسف المراسلة، هو يكتب ..... الى صديقه
أ.
الرسالة ج. القراءة ه. المكتب
ب.
كرة القدم د. الرسم
٤.
ذهب عمر الى المكتبة، معنى الذي تحته الخط؟
Sekolahan . ه Perpustakaan
ج. bukuأ.
Meja د.Tulisan
ب.
٥.
+ اين تسكن؟
-..... في شارع أحمد يانى، رقم ١٢
أ.
ارسم ج. اركب ه.
اسكن
ب.
تسكن د. ترسم
٦.
اكل زيد الخبز، معنى الذي تحته الخط؟
Pisang ه. Roti ج. Nasi أ.
Apel د. Bubur ب.
٧. تسكن فاطمة مع أسرتها، ما المرادف من الأسرة؟
أ.
أخت ج. بيت ه. عائلة
ب.
مدرسة د. اب
٨.
لأحمد عائلة صغيرة، ما ضد من صغيرة؟
أ.
كثيرة ج. واسعة ه. طويل
ب.
قصير د. كبيرة
٩.
تتكون أسرة أحمد من خمسة أشخاص، ما المرادف من أشخاص؟
أ.
عائلة ج. أفراد ه. أخت
ب.
ام د. أسرة
١٠.
أحمد يساعد والده في العمل، ما المرادف من والد؟
أ.
أب ج. ام
د. اب و ام
ب.
أخ د. جد
2.
Tes sinonim
اذكر
مرادف من هذه الكلمة!
١.
مشهور ٦. جائزة
٢.
بدأ ٧. خصم
٣.
تلقي ٨. أسرة
٤.
اب ٩. ام
٥.
معلم ١٠. صادق
3.
Tes
menjodohkan
صل
الكلمات بما يناسب في الصندوق بين اليمني واليسري
MA
Al-Muayyad Solo
|
عنوان
|
٠٢٧١-۶۸١١٣٣٢
|
الجنس
|
MAN Malang
|
مكان
الميلاد
|
٠۸١٢٢۵١۸۷۳۵۶
|
تاريخ
الميلاد
|
Yayasan
Al-Furqon
|
التقويم
|
يناير-
ديسمبير
|
مؤسسة
|
١٠
يوليو ١۹۹۹
|
المدرسة
الأهلية
|
جاكرتا
|
المدرسة
الحكومية
|
ذكر\انثى
|
جوال
|
شارع
أحمد يانى، رقم ١٢
|
هاتف
|
4.
Tes close
اكمل
الجملة الآتية بكلمات مناسبة!
١. ..... اسماعيل في شارع أحمد يانى، رقم ١٢
٢. لي ..... اسمه احمد
٣.
صلى فريد في ..... جماعة
٤.
لي صديق، اسمه اقبال، ..... من سومطرة
۵. ..... فريدة في المدرسة المتوسطة الإسلامية
٦.
في يوم العطله ..... احمد الي المزرعة
٧.
..... علي المكتب
٨.
اسرتي ..... من خمسة افراد
٩.
البرطقال والعناب في .....
١٠.
ذهب علي مع .....
BAB III
KESIMPULAN
Tes
kosa kata merupakan alat ukur tentang hasil belajar bahasa yang dicapai oleh seseorang.
Tes kosa kata dapat di kelompokkan menjadi 2 macam. Dalam penggunaan bahasa tes
kosa kata dbagi menjadi 7 macam. Kriteria tes yang baik adalah apabila tes yang
disusun memiliki karakteristik tes yang baik, yaitu valid, realible, dan
praktis. Untuk menghasilkan tes yang valid dan reliable, maka pembuat tes guru
perlu menempuh beberapa langkah-langkah. Dalam makalah ini juga dicantumakan
beberapa contoh tentang tes penyusunan kosa kata.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tinggalkan Komentar anda di sini