Sabtu, 11 Juli 2015

Masalah-Masalah Penelitian

BAB I

PENDAHULUAN
   1.      Latar Belakang
Penelitian adalah suatu kegiatan untuk memilih judul, merumuskan masalah, kemudian diikuti dengan pengumpulan, pengolahan, penyajian dan analisis data yang dilakukan dengan metode ilmiah secara efisien dan sistematis yang hasilnya berguna untuk mengetahui suatu keadaan atau masalah dalam usaha pengembangan ilmu pengetahuan atau untuk membuat keputusan dalam rangka pemecahan masalah.
   2.      Rumusan Masalah
Masalah-masalah apa saja yang ada dalam penelitian ?
   3.      Tujuan
Untuk mengetahui masalah-masalah apa saja yang ada dalam penelitian.


BAB II
PEMBAHASAN
MASALAH PENELITIAN
   1.      Proses Penelitian
Seorang yang melakukan penelitian biasanya terdorong oleh minat atau keinginan untuk mengetahui fenomena tertentu, dan selanjutnya berkembang menjadi gagasan, konseptualisasi , hipotesis, kerangka teoritis, pemilihan metode penelitian yang sesuai, pengumpulan data atau fakta, pengolahan data, analisis dan interpretasi data, dan pada akhirnya menulis laporan hasil penelitian untuk di publikasikan. Hasl penelitiannya mungkin berupa penegasan kembali atau pembuktian atas suatu pernyataan  atau teori yang sudah ada, sehingga berguna untuk memeperkuat pernyataan atau teori tadi.
   2.      Perumusan Masalah
Masalah disini adalah setiap kesulitan yang menggerakan manusia untuk memecahkannya. Masalah penelitian harus dapat dirasakan sebagai rintangan yang mesti dilalui apabila ia akan berjalan terus.  Dalam penelitian masalah itu dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya atau kalimat pernyataan.
Masalah   penelitia pendidika merupaka fokus   dari   suatu   investigasi   yang   ingin dipecahkan oleh peneliti. Masalah dapat saja berupa sesuatu yang tidak memuaskan seseorang adanya ketidakteraturan di sekolah, atau adanya hal-hal yang memerlukan perbaikan, metode pembelajaran, input siswa, dan sebagainya.
Contoh masalah dalam pendidikan :
      Prestasi belajar rendah
      Minat belajar siswa rendah
      Sikap siswa yang berani pada guru
Tujuan dilakukannya perumusan masalah adalah Pada dasarnya merumuskan persolan bertujuan untuk memperjelas ruang lingkup penelitian, serta agar peneliti maupun pengguna hasil penelitian mempunyai persepsi yang sama dengan hasil penelitian.
A.    Cara merumuskan masalah :
a.       Dibuat  dalam  bentuk  pertanyaadan  pertanyaan  tersebut sudah merupakan setengah jawaban dari permasalahan yang akan diteliti
b.      Padat dan jelas
            c.       Memberikan petunjuk untuk kemungkinan mengumpulkan data
d.      Minimamemiliki    dua  jenis  variabel,  yaitu:  variabel bebas,  adalah   variabel yang mempengaruhi dan variabel terikat (variabel yang dipengaruhi)

B.      Karakteristik pertanyaan penelitian yang baik
Apabila  pertanyaan   penelitian  telah  dirumuskan,  maka  para  peneliti  berusaha  agar pertanyaan penelitian tersebut merupakan sesuatu yang baik. Pertanyaan penelitian yang baik memiliki empat karakteristik sebagai berikut :
1.   Layak: misalnya dapat diteliti tanpa memerlukan waktu, energy, atau uang  yang terlalu banyak (tak terbatas).
2.   Jelas: Pada umumnya orang memahami dengan jelas maksud dari pertanyaan tersebut.
3.   Signifikan: suatu pertanyaan penelitian yang menunjukan manfaat atau kebermaknaan karena  memberikan  kontribusi  pengetahuan  yang  cukup  pentinatau  berarti  bagi manusia.
4.   Etik: tidak menyebabkan kerusakan fisik atau psikologi kemanusiaan, atau kerusakan alam  dan  lingkungan  sosial  dimana  mereka  berada.  

C. Klarifikasi Terhadap Pertanyaan Penelitian
Sebagaimana telah dikemukakan dalam uraian di atas, seringkali istilah-istilah yang terdapat dalam pertanyaan penelitian memiliki arti ganda, sehingga terjadi salah penafsiran dari orang yang  membacanya.  Terdapat  tiga  cara  untuk  mengklarifikasi  pertanyaan  penelitian  tersebut sehingga istilah tersebut menjadi jelas maksudnya. Cara tersebut di antaranya:
1.   Definisi  istilah:  cara  ini  umumnya  menggunakan  pendekatan  kamus.
2. Melalui contoh: Contoh dapat juga digunakan untuk meluruskan suatu istilah yang bermakna ganda
3.   Definisi operasional: Hal tersebut dilakukan, selain untuk meluruskan pengertian atau arti dari suatu istilah dalam pertanyaan penelitian.

3.      Latar Belakang Masalah
Dalam penulisan penelitian maupun laporan penelitian, peneliti perlu menjelaskan hal-hal yang melatarbelakangi masalah tersebut, yakni memberikan gambaran yang lengkap tentang latar belakang dari masalah yang diteliti. Gambaran tersebut menunjukkan bahwa masalah yang diteliti memang benar-benar penting.



Latar belakang masalah yang relatif dapat dianggap baik biasanya mencakup ( Soekanto, 1981: 91):
a.       Situasi atau keadaan mengenai masalah yang ingin diteliti
b.      Alasan ataupun sebab-sebab ingin menelaah masalah yang dipilih
c.       Hal- hal yang telah diketahui atau belum diketahui mengenai masalah yang akan diteliti
d.      Pentingnya penelitian tersebut baik secara teoritis dan atau praktis
e.       Penelitian yang akan dilakukan dapat mengisi kekosongan yang ada.
4.      Tujuan Penelitian
Berdasarkan Indriantoro dan Supomo ( 1999 ), menetapkan tujuan meliputi beberapa hal sebagai berikut :
a.       Pengenalan atau identifikasi masalah
b.      Jangkauan proyek penelitian
c.       Sifat dan landasan yang mendasari
d.      Merumuskan tujuan
Tujuan penelitian secara logis timbul waktu peneliti merumuskan masalah dan latar belakang masalah tersebut. Dalam tujuan penelitian , peneliti mediskripsikan apa yang diharapakan atau sumabangan apa yang dapat diberikan oleh peneliti tersebut. Biasanya tujuan penelitian dinyatakan dalam bentuk tujuan umum dan tujuan khusus.
Tujuan umum peneliti merupakan pernyataan tentang apa yang diharapkan terjadi di masa depan, sedangkan tujuan khusus merupakan pernyataan tentang apa yang akan terjadi pada akhir penelitian.
5.      Judul Penelitian
Judul penelitian adalah nama dari penelitian tersebut. Ia merupakan intisari atau kristalisasi dari isi penelitian. Judul peneliian sedapat mungkin dibuat ringaks atau singkat, namun tidak seperti judul sebuah novel. Jika tidak bisa singkat, jadikanlah judul itu dalam induk judul dan anak judul.




BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
   1.      Masalah- masalah dalam penelitian meliputi :
a.       Proses penelitian
b.      Perumusan masalah
c.       Latar belakang masalah
d.      Tujuan penelitian
e.       Judul penelitian
   2.      Masalah   penelitia pendidika merupaka fokus   dari   suatu   investigasi   yang   ingin dipecahkan oleh peneliti. Masalah dapat saja berupa sesuatu yang tidak memuaskan seseorang adanya ketidakteraturan di sekolah, atau adanya hal-hal yang memerlukan perbaikan, metode pembelajaran, input siswa, dan sebagainya.
   3.      Tujuan dilakukannya perumusan masalah adalah Pada dasarnya merumuskan persolan bertujuan untuk memperjelas ruang lingkup penelitian, serta agar peneliti maupun pengguna hasil penelitian mempunyai presepsi yang sama dengan hasil penelitian.



DAFTAR PUSTAKA
Adi, Rianto. 2010. Metodologi penelitian sosial dan hukum. Jakarta. Granit
Hadi, Sutrisno. 2001. Metodologi Research. Yogyakarta. Andi Offset
Indriantoro, N dan B. Supomo. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Bisnis
. Yogyakarta :BPFE


Sugiyono. 2007. Metode penelitian Administrasi. Bandung. Alfabeta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar anda di sini